en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN AKAN GELAR LATIHAN PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT

12 Mar 2019

kembali ke list


Maros, 12 Maret 2019 – PT Angkasa Pura I (Persero) akan selenggarakan Kegiatan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang ke-102 pada tanggal 13 Maret 2019.

 

Latian PKD 102 ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan para personil bandara apabila terjadi keadaan darurat di bandara. Selain menguji kemampuan para personil, koordinasi dan komunikasi juga diuji sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara, Dokumen Keamanan Bandar Udara , dan Standar Operating Procedure (SOP) yang berlaku.

 

Latian PKD 102 ini terdiri dari 3 latihan yang mencakup Aviation Security Exercise (Latihan Penanganan Ancaman Keamanan Bandara) yang berlokasi di area Dropzone Bandara, Fire Building Exercise (Latihan Penanganan Gedung Kebakaran) yang berlokasi di Hotel Ibis Bandara dan Aircraft Accident Exercise (Latihan Penanganan Kecelakaan Pesawat) yang berlokasi di area sisi udara runway 21.

 

Tiga latihan tersebut akan dilaksanakan selama 1 hari mulai pukul 15.00 – 23.00 WITA. Tantangan latihan kali ini yaitu waktu pelaksanaan diambil pada malam hari.  Latihan dimulai dengan Apel Pembukaan Kegiatan PKD 102 yang dipimpin oleh Wendo Asrul Rose selaku Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero).

 

Latihan ini melibatkan pihak  personel yang terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee dari PT Angkasa Pura I (Persero), TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Perum LPPNPI, TNI/ Polri, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Imigrasi Makassar, Kantor Bea Cukai Makassar, serta beberapa rumah sakit di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin.

 

“Operasional Bandara akan berjalan normal seperti biasa, Bandara Sultan Hasanuddin memiliki 2 runway, jadi masih ada 1 runway yang bisa digunakan untuk operasional penerbangan.” Ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.